-->

Soal PAT / UAS Tematik Tema 9 Kelas 4 SD MI Semester 2 Plus Kunci Jawaban Terbaru

  

Sahabat gemarsoal.blogspot.com disini tempat download soal terbaru dan kunci jawabannya, kami menyajikan soal PTS / UTS / UAS / PAT SD/MI dengan kurikulum 2013 / K13 dan dapat digunakan untuk mengukur pencapaian peserta atau persiapan menghadapi ulangan di SD maupun MI. Untuk mendownload soal plus kunci jawaban link ada di bawah sendiri.

 

PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2 / GENAP (PAS/PAT/UAS)

TEMA 9 KELAS 4 SD/MI

www.gemarsoal.blogspot.com

 

Nama : ……………………

Kelas/ Semester : 4/ II Genap

Mata Pelajaran : Tema 9

 

  1. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling benar!

PPKn (KD. 3.2)

  1. Berikut ini yang merupakan hak kita terhadap lingkungan, yaitu ... .
  1. melakukan reboisasi
  2. menggunakan sistem tebang pilih
  3. menikmati lingkungan yang segar
  4. membuang sampah pada tempatnya

 

  1. Pernyataan di bawah ini merupakan kewajiban kita terhadap lingkungan, kecuali ... .
  1. memelihara dan merawat lingkungan sebaik mungkin
  2. menggunakan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan
  3. membuang sampah pada tempat sampah
  4. melakukan reboisasi setelah menebang pohon

 

  1. Kewajiban kita terhadap sumber daya alam yang semakin menipis di lingkungan, yaitu ... .
  1. Menggunakan pukat harimau untuk menangkap ikan di laut
  2. menyalakan lampu di setiap ruangan di siang hari
  3. menggunakan motor walupun jarak yang ditempuh dekat
  4. menutup kran air setelah selesai menggunakannya.

 

  1. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam harus dilakukan sejak ... .
  1. bayi
  2. anak-anak
  3. dewasa
  4. tua

 

  1. Segala sesuatu yang harus kita lakukan disebut dengan ... .
  1. hak   
  2. tugas   
  3. pekerjaan
  4. kewajiban

 

  1. Berikut ini yang bukan termasuk hak sebagai warga negara adalah ... .
  1. mendapat pendidikan yang layak
  2. mendapatkan perlindungan hukum
  3. mematuhi peraturan yang berlaku
  4. menikmati kekayaan alam

 

  1. Perhatikan gambar berikut !

Kegiatan pada gambar di samping merupakan salah satu contoh kewajiban di lingkungan ... .

  1. madrasah
  2. rumah
  3. masyarakat
  4. kelas
  1. Pernyataan di bawah ini yang merupakan contoh hak siswa di madrasah, yaitu ... .
  1. mendapatkan perlakuan yang sama dari guru
  2. melaksanakan tugas piket sesuai dengan jadwal
  3. mengikuti kegiatan upacara bendera
  4. mendengarkan penjelasan dari guru di kelas

 

  1. Salah satu contoh kewajiban siswa di lingkungan masyarakat, yaitu ... .
  1. menanam berbagai tumbuhan di sekitar rumah
  2. merusak fasilitas umum yang ada di lingkungan
  3. menjaga nama baik kedua orang tua dan keluarga
  4. ikut menjaga nama baik dan keamanan lingkungan

 

  1. Salah satu kewajiban anak di dalam lingkungan keluarga adalah ... .
  1. menjaga nama baik kedua orang tua
  2. mendapatkan kasih sayang orang tua
  3. mendapatkan uang jajan dari orang tua
  4. membiarkan hewan peliharaan tidak terawat

 

Bahasa Indonesia (KD. 3.3)

  1. Seseorang yang bekerja untuk mencari berita disebut dengan ... .
  1. insinyur
  2. guru
  3. narasumber
  4. wartawan

 

  1. Seseorang yang menjadi sumber berita atau dimintai keterangan tentang suatu kejadian dalam wawancara disebut dengan ... .
  1. pustakawan
  2. narasumber
  3. wartawan
  4. kameramen

 

  1. Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Informasi yang dapat diperoleh dari gambar di samping, yaitu ... .

  1. jangan tidur di kusi sembarangan
  2. anjuran untuk menghemat energi
  3. perintah untuk tetap menyalakan TV
  4. anjuran membeli TV untuk hiburan

 

  1. Apabila kamu ingin mengetahui manfaat dari Bendungan Gerak Serayu dalam wawancara, maka kalimat pertanyaan yang tepat, yaitu ... .
  1. Kapan Bendungan Gerak Serayu mulai beroperasi?
  2. Apa saja manfaat dari adanya Bendungan Gerak Serayu?
  3. Siapakah yang memprakarsai pembangunan Bendungan Gerak Serayu?
  4. Berapakah jumlah anggaran untuk membangun Bendungan Gerak Serayu?

 

  1. Apabila kalian ingin mengetahui tentang berbagai macam jenis ikan yang ada di laut, maka orang yang tepat untuk diwawancarai adalah seorang ... .
  1. nelayan
  2. petani
  3. guru
  4. buruh pabrik

 

  1. Apabila kalian ingin mengetahui tentang bagaimana cara menanam padi yang baik dan benar, maka orang yang tepat untuk diwawancarai adalah seorang ... .
  1. insinyur
  2. nelayan
  3. petani
  4. pedang

 

  1. Sesuatu yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara, yaitu ... .
  1. membuat daftar pertanyaan
  2. membuat menu makanan
  3. membuat kesan yang membosankan
  4. membuat hiasan yang menarik

 

  1. Pernyataan di bawah ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam wawancara, kecuali ... .
  1. pertanyaan yang diajukan singkat
  2. menggunakan bahasa yang jelas
  3. isi pertanyaan padat dan mengena
  4. bahasa yang digunakan terlalu kasar

 

Perhatikan laporan hasil wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!

Krisis listrik di Kepulauan Bangka Belitung dijawab WALHI dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya terdiri atas panel-panel surya. Panel-panel surya inilah yang akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya ini mengambil cahaya matahari yang merupakan sumber cahaya.

 

  1. Sumber daya alam yang dimanfaatkan berdasarkan laporan wawancara di atas adalah ... .
  1. timah
  2. hewan
  3. matahari
  4. minyak

 

  1. Daerah yang mengalami krisis listrik berdasarkan laporan wawancara di atas adalah ... .
  1. Bangka Belitung
  2. Kalimantan Barat
  3. Sumatara Utara
  4. Irian Jawa

 

Ilmu Pengetahuan Alam (KD. 3.5)

  1. Salah satu sumber energi yang paling sering digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah energi ... .
  1. kimia
  2. listrik
  3. magnet
  4. potensial

 

  1. Kepanjangan dari PLTA adalah ... .
  1. Pembangkit Listrik Tenaga Angin
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Air
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

 

  1. Benda berikut ini yang mengalami perubahan dari energi listrik diubah menjadi energi panas, yaitu ....
  1. setrika
  2. kipas angin
  3. radio
  4. speaker

 

  1. Perubahan energi yang terjadi pada speaker, yaitu energi listrik diubah menjadi energi ... .
  1. kimia
  2. gerak
  3. suara
  4. panas

 

  1. Berikut ini yang merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, yaitu ... .
  1. emas, batu bara, air, dan tembaga
  2. matahari, air, hewan, dan tumbuhan
  3. minyak, gas alam, hewan, dan tanah
  4. matahari, timah, emas, dan nikel

 

  1. Berikut ini benda yang termasuk contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yaitu ... .
  1. matahari, emas, minyak, dan tanah
  2. nikel, besi, tumbuhan, dan air
  3. tembaga, emas, minyak, dan gas alam
  4. air, hewan, tumbuhan, dan matahari

 

  1. Sumber energi terbesar bagi bumi adalah ... .
  1. air
  2. matahari
  3. bintang
  4. bulan

 

  1. Perubahan energi yang terjadi pada penggunaan gas LPG adalah ... .
  1. gas menjadi panas
  2. minyak bumi menjadi gas
  3. minyak bumi menjadi panas
  4. gas menjadi cahaya

 

  1. Perubahan energi yang terjadi pada kipas angin adalah ... .
  1. listrik menjadi panas
  2. listrik menjadi bunyi
  3. listrik menjadi cahaya
  4. listrik menjadi gerak

 

  1. Bahan bakar biodisel dapat dihasilkan dari ... .
  1. minyak bumi  
  2. batu bara  
  3. singkong
  4. kelapa sawit

 

Ilmu Pengetahuan Sosial (KD. 3.1)

  1. Pekerjaan yang mendapatkan nafkah dari lingkungan laut adalah ... .
  1. petani
  2. peternak
  3. nelayan
  4. guru

 

  1. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan dari proses ... .
  1. produksi
  2. distribusi
  3. konsumsi
  4. konsumen

 

Perhatikan gambar berikut ini untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!

 

  1. Nama kenampakan alam buatan di atas adalah ... .
  1. waduk
  2. danau
  3. sungai
  4. laut

 

  1. Pernyataan di bawah ini merupakan manfaat dari adanya gambar di atas, kecuali ... .
  1. sebagai tempat wisata
  2. mengairi sawah ketika musim kemarau
  3. salah satu sumber pembangkit listrik
  4. mengurangi terjadinya erosi tanah

 

  1. Perhatikan gambar berikut!

 

Kondisi pada gambar di atas pada umumnya terjadi di lingkungan ... .

  1. perkotaan
  2. pedesaan
  3. dataran tinggi
  4. dataran rendah
  1. Menjadi petani padi merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah ... .
  1. dataran tinggi
  2. perkotaan
  3. dataran rendah
  4. pesisir pantai

 

  1. Hasil alam di bawah ini yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok, yaitu ... .
  1. jagung, tebu, dan kina
  2. padi, jagung, dan sagu
  3. singkong, padi, dan tebu
  4. tebu, singkong, dan padi

 

  1. Bahan tambang yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pensil adalah ... .
  1. belerang  
  2. asbes   
  3. marmer
  4. grafit

 

  1. Perhatikan gambar berikut!

 

Kondisi lingkungan pada gambar di atas pada umumnya terjadi di lingkungan ... .

  1. pedesaan  
  2. perkotaan  
  3. pesisir pantai
  4. pegunungan

 

  1. Perhatikan gambar berikut!

 

Sumber daya alam yang dimanfaatkan pada kegiatan di atas yang ditunjuk oleh tanda panah adalah ... .

  1. minyak tanah
  2. gas alam
  3. timah
  4. tumbuhan

 

SBDP (KD. 3.2)

  1. Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut dengan ... .
  1. tempo
  2. ritme
  3. melodi
  4. nada

 

  1. Ukuran kecepatan musik dalam birama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan disebut dengan ... .
  1. melodi
  2. nada
  3. tempo
  4. tala

 

  1. Lagu daerah yang berjudul “Bungong Jeumpa” merupakan lagu yang berasal dari daerah ... .
  1. Aceh
  2. Papua
  3. Jawa Barat
  4. Kalimantan

 

  1. Lagu yang berjudul Tanah Airku” merupakan contoh lagu yang memiliki tempo ... .
  1. Allegro
  2. Moderato
  3. Largeto
  4. Andante

 

  1. Lagu yang berjudul “Tanah Airku” diciptakan oleh ... .
  1. Pak Kasur
  2. AT Mahmud
  3. W.R. Supratman
  4. Ibu Sud

 

  1. Berikut ini yang tidak termasuk contoh lagu bertema lingkungan adalah ... .
  1. Alam Bebas
  2. Hijau Rumahku Hijau Bumiku  
  3. Pelangi-pelangi
  4. Desaku yang Kucinta

 

Perhatikan lirik lagu berikut untuk menjawab soal nomor 47 – 50!

 

Tanah airku tidak kulupakan

‘kan terkenang selama ... . (47)

Biarpun saya pergi jauh

Tidak ‘kan hilang dari ... . (48)

Tanahku yang kucintai

Engkau kuhargai

Walaupun banyak .  .  .  (49) kujalani

yang mahsyur permai dikata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Di sanalah ku merasa ... . (50)

Tanahku tak kulupakan

Engkau kubanggakan

 

  1. Kata yang tepat untuk melengkapi lirik lagu di atas adalah ... .
  1. lamanya
  2. di dunia
  3. hidupku
  4. matiku

 

  1. Kata yang tepat untuk melengkapi lirik lagu di atas adalah ... .
  1. kalbu
  2. pikiran
  3. hati
  4. ingatan

 

  1. Kata yang tepat untuk melengkapi lirik lagu di atas adalah ... .
  1. bangsa
  2. negeri
  3. desa
  4. kota

 

  1. Kata yang tepat untuk melengkapi lirik lagu di atas adalah ... .
  1. damai
  2. bahagia
  3. sedih
  4. senang

 

  1. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!

 

PPKn (KD. 3.2)

 

  1. Salah satu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik terhadap lingkungan, yaitu menyediakan ruang terbuka hijau, apakah tujuan dari adanya ruang terbuka hijau?

 

  1. Apakah yang disebut dengan kewajiban dan hak?

 

Bahasa Indonesia (KD. 3.3)

 

Perhatikan tabel laporan hasil wawancara berikut ini untuk menjawab soal nomor 53 dan 54!

 

Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pertambangan. Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi.

 

  1. Sebutkan 3 (tiga) sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi berdasarkan hasil wawancara di atas!
  2. Tulislah 3 (tiga) hasil olahan dari kelapa sawit berdasarkan hasil wawancara di atas!

 

Ilmu Pengetahuan Alam (KD. 3.5)

 

  1. Apakah yang disebut dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan sebutkan 3 contohnya!

 

  1. Sebutkan 3 (tiga) contoh pemanfaatan energi matahari yang sering digunakan oleh manusia!

 

Ilmu Pengetahuan Sosial (KD. 3.1)

 

  1. Sebutkan 3 fungsi lingkungan bagi kehidupan!

 

  1. Apakah yang disebut dengan lingkungan ?

 

SBDP (KD. 3.2)

 

  1. Apakah nama alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan sebuah lagu?

 

  1. Siapakah yang menciptakan lagu berjudul “Alam Bebas”?

 

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)

MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV (EMPAT) TEMA 9

 


A. Pilihan Ganda

 

PPKn (KD. 3.2)

1. C

2. B

3. D

4. B

5. D

6. C

7. C

8. A

9. D

10. A

 

Bhs. Indo

(KD. 3.3)

11. D

12. B

13. B

14. B

15. A

16. C

17. A

18. D

19. C

20. A

 

IPA (KD.3.5)

21. B

22. B

23. A

24. C

25. B

26. C

27. B

28. A

29. D

30. D

 

IPS (KD. 3.1)

31. C

32. A

33. A

34. D

35. B

36. C

37. B

38. D

39. B

40. B

 

SBDP (KD. 3.2)

41. D

42. C

43. A

44. C

45. D

46. C

47. C

48. A

49. B

50. D


 

B. Uraian Singkat

PPKn (KD. 3.2)

51. Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan bertujuan untuk mengikat air hujan sehingga mencegah terjadinya banjir.

52. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Sebaliknya, sesuatu yang harus kita terima disebut hak.

Bahasa Indonesia (KD. 3.3)

53. Hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pertambangan

54. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun

Ilmu Pengetahuan Alam (KD. 3.5)

55. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis apabila digunakan terus menerus. Contohnya minyak, gas, batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. (kebijaksanaan guru)

56. Contoh pemanfaatan energi matahari yang sering digunakan oleh manusia diantaranya:

1) mengeringkan pakaian yang basah

2) membuat garam oleh petani garam

3) membuat ikan asin oleh nelayan

Ilmu Pengetahuan Sosial (KD. 3.1)

57. Fungsi lingkungan bagi kehidupan diantaranya :

1) Sebagai tempat untuk mencari makan

2) Sebagai tempat untuk bekerja

3) Sebagai tempat untuk tinggal

58. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia.

SBDP (KD. 3.2)

59. Metronome

60. H. Muchtar

 

 Klik disini untuk mendownload soal plus kunci jawaban

 

Sahabat gemarsoal.blogspot.com demikianlah soal latihan untuk persiapan atau referensi dalam menghadapi ulangan semester di sekolah, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat. Apabila terdapat kunci jawaban yang salah atau tidak sesuai mohon maaf, manusia tidak lepas dari lupa dan salah. Semoga siswa-siswi kita selalu diberi kesehatan dan kecerdasan serta ilmu yang bermanfaat.

0 Response to "Soal PAT / UAS Tematik Tema 9 Kelas 4 SD MI Semester 2 Plus Kunci Jawaban Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2