-->

Soal PTS Tema 6 Kelas 4 SD-MI dan Kunci Jawaban semester 2




PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) II / GENAP
TEMA 6 CITA –CITAKU KELAS 4 SD/MI
www.gemarlsoal.blogspot.com
 
Nama : …………………… No. Absen : ………………
Kelas/ Semester : IV (empat) / II Genap Hari, Tanggal : ………………
Mata Pelajaran : Tema 6 Cita - citaku Alokasi Waktu : ………………
 
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar !

  1. PPKn
  1. Perbedaan pekerjaan pada setiap orang dimasyarakat merupakan anugerah dari Alloh SWT yang patut kita . . . .
  1. Hina
  2. Perbedakan
  1. Benci
  2. Syukuri

  1. Berikut ini yang termasuk contoh keberagaman dalam hal pekerjaan di lingkungan keluarga adalah . . . .
  1. Ayah Hasan berasal dari suku jawa sedangkan ibunya berasal dari suku irian
  2. Ahmad menyukai makanan empek-empek khas Palembang sedangkan adiknya menyukai makanan kerak telor dari betawi
  3. Pak munarjo bekerja sebagai petani dari suku jawa sedangkan tetangganya dari suku bali bekerja sebagai pemahat patung
  4. Husen berasal dari suku Jawa sedangkan teman satu kelasnya Made Katon berasal dari Bali

  1. Salah satu semboyan bangsa Indonesia karena banyaknya keberagaman suku dan budaya adalah . . . .
  1. NKRI harga mati
  2. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
  3. Gotong Royong
  4. Bhinneka Tunggal  Ika

  1. Pernatikan tabel di bawah ini !
Makanan Khas
Daerah
  1. Kerak telor
  2. Bika ambon
  3. Papeda
  4. Nasi Pecel
  1. Betawi
  2. Papua
  3. Jawa Timur
  4. Maluku
Pasangan yang tepat makanan dan asal daerah adlah . . . .
  1. 1 – P dan 2 – Q
  2. 2 – S dan 3 – Q
  3. 3 – S dan 4 – P
  4. 4 – R dan 1 - S


  1.  Perhatikan gambar !











Gambar di atas adalah rumah adat dari . . . .
  1. Kampung naga Jawa Barat
  2. Kampung  naga Jawa Timur
  3. Karnpung naga Jawa Tengan
  4. Kampung naga DKI

  1. Menghargai keberagaman suku dan budaya merupakan  sesuatu yang  sangat   penting   kita lakukan karena . . . .
  1. Jika tidak menghargai keberagaman akan terjadi permusuhan
  2. Jika tidak menghargai keberagaman kita akan hidup dengan damai
  3. Di Indonesia hanya ada satu suku dan buaya saja
  4. Menghargai keberagaman adalah perbuatan yang dilarang agama

  1. Berikut ini perilaku yang  mencerminkan  contoh menghargai keberagaman  agama adalah . . . .
  1. Duduk sebangku  hanya denqan teman  yang seagama saja.
  2. Belajar  kelompok  hanya denqan teman  satu agama saja
  3. Bermain bersama teman yang berbeda agama
  4. Merendahkan dan rrienghina teman yang
berbeda agama.

  1. "Siapa  namamu?",  dalam bahasa  Sunda adalah . . .
  1. Sinten nami pean?
  2. Saha nami jenengan?
  3. Sinten nami panjengan?
  4. Saha nami rika?

  1. Di bawah  ini adalah  kebeberagaman suku-suku yang ada di Indonesia dan asal daerahnya  yang tepat adalah . . . .
  1. Suku Asmat dari Papua
  2. Suku Oayak dari Maluku
  3. Suku Mindanau dari Jawa Tengah
  4. Suku Batak dart Jawa


  1. Perhatikan Tabel
Agama
Perayaan agama
  1. Islam
  2. Budha
  3. Hindu
  4. Konghucu
  1. Kuningan
  2. Malaikat dapur
  3. Mahapuja
  4. Asyura
Pasangan yang tepat agama dan perayaanya adalah . . . .
  1. 1 - N dan 3 - L
  2. 2 - K dan 3 - M
  3. 3 - M dan 1 - N
  4. 4 - L dan 2 - M

  1. BAHASA INDONESIA

  1. Bentuk karya sastra dengan bahasa yang indah dan penuh makna disebut dengan . . . .
  1. Dongen
  2. Puisi
  1. Legenda
  2. Rima

Teks puisi untuk soal no. 12 dam 13!
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrin berbagi ilmu

  1. Ciri-ciri yang benar berdasarkan teks puisi diatas adalah . . . .
  1. Memiliki rima teratur
  2. Berupa cerita yang indah
  3. Terdiri empat bait
  4. Terdiri dua belas baris

  1. Bunyi rima puisi di atas adalah . . . .
  1. p - r - p – m
  2. a - u – a - u
  1. n – r – n – m
  2. n – u – n - u

Teks puisi untuk soal no. 14 dam 16!
Suara indah alat musik
Alunannya tenang mendayu
Seakan selalu berbisik
Aku selalu ada untukmu
Aku suka alat musik itu
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya
Inilah cita-citaku
Menjadi pemain biola
Langkah-langkah kujalani
Semua cobaan kulewati
Semua akan kuperjuangkan
  1. Rima pada bait pertama terdapat pada kata . . . .
  1. Suara, alunannya, seakan, mendayu
  2. Suara, indah, alat, musik
  3. Musik, mendayu, berbisik, selalu
  4. Musik, mendayu, berbisik, untukmu

  1. Makna yang terkandung pada bait pertama pada puisi di atas adalah
  1. Suara biola yang sangat merdu
  2. Suara gitar yang sangat merdu
  3. Suara suling yang sangat merdu
  4. Suara piano yang sangat merdu

  1. Makna pertama yang terkandung pada bait pertama pada puisi di atas adalah . . . .
  1. Cita-cita seorang pemain musik
  2. Cita-cita seorang penjual alat musik
  3. Cita-cita ingin menjadi pemain biola
  4. Cita-cita ingin menjadi pemain violin

Teks  puisi untuk 'soat no.17 -19!
Aku ingin menjadi penerbang
Langit biru tempat bermain
Melayang-melayang
Tertbang setinggi mungkin
Tangkas  berani laksana elang
Jauh terbanqku di ruang angkasa
Melayang-layang
Antara bintang-bintang

  1. Jumlah bait yang ada pada puisi di atas, yaitu . . .
  1. 12
  2. 48
  1. 4
  2. 2

  1. Bunyi rima pada bait terakhir puis di atas adalah . . . .
  1. a-a-a-a
  2. sg-a-g-g
  1. ang-sa-ang-ang
  2.  ng-sa-ng-ng

  1. Makna yang terkandung pada puisi di atas adalah . . . .
  1. Cita-cita  ingin  seperti burung bisa terbang diangkasa
  2. Cita-cita ingin menjadi pilot yang handal
  3. lngin  terbang  bagai elang yang tanqkas  dan berani.
  4. Bermain dilangit rnetayang-layang diangkasa

  1. Arti tanda jeda  II pada pembacaan  puisi  adalah . . . .
  1. berhenti sebentar untuk benatas
  2. berhenti lama sekali biasanya. Titik
  3. berhenti agak lama biasanya koma
  4. berhenti dan melanjutkan  tanpa bernafas

  1. IPA

  1. Berikut ini hewan-hewan yang mengalami proses           perubahan bentuk pada pertumbuhannya adalah . . . .
  1. Jangkrik,  lalat dan kelinci
  2. Jangkrik,  belalang dan kumbang
  3. Nyamuk,  kupu-kupu  dan kucing
  4. Nyamuk.  kupu-kupu  dan ayarn

  1.  Perhatikan gambar !

Tahapan  perubahan  bentuk  larfa  dan telur  pada gambar di atas qitunjukan oleh nornor . . . .
  1. 3 dan 4
  2. 5 dan 1
  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3

  1. Perhatikan gambar!







Urutan perubahan daur hidup hewan di atas adalah . . . .
  1. 1, 2, 3, 4
  2. 2, 3, 4, 1
  1. 1, 3, 4, 2
  2. 4, 3, 2, 1

  1. Tahapan   perubahan   bentuk   atau   penampilan fisik   pada   hewan sejak   lahir   atau   menetas disebut . . . .
  1. Metamorfosis
  2. Daur Hidup
  1. Siklus hidup
  2. Kelahiran

  1. Di  bawah   ini   adalah   manfaat  tumbuhan   bagi lingkungan,  kecuali . . . .
  1. Rnencegah korosi tanah
  2. Mencegah  erosi tanah dari air hujan
  3. Mencegah  pencemaran air tanah
  4. Mencegah  bahaya sunami

  1. Berikut ini jenls hewan yang dimanfaatkan sebagai obat adalah . . . .
  1. Cacing.  kelelawar,  dan kadal
  2. Kadal,  kala jengking, dan klabang
  3. Kelelawar,  cacing, dan luwak
  4. Kadal,  ular, dan anjing

  1. Mengapa kupu-kupu   mengalami   metamorfosis sempuma sedangkan jangkrik mengalami
metamorfosis tidak sempurna?
  1. Sebab    jangkrik    mengalami     tahapan kepompompong sedangkan  kupu-kupu  tidak mengalami  tahapan kepompong
  2. Sebab kupu-kupu mengalami tahapan larfa sedankan jangkrik  mengalarni tahapan pupa
  3. Sebab  kupu-kupu  mengalami  tahapan nimfa sedankan  jangkrik  tidak mengalami  tahapan larfa
  4. Sebab kupu-kupu mengalami tahapan kepompong sedangkan jangkrik tidak mengalami  tahapan  kepompong

  1. Perhatikan tabel berikut!
Upaya pelestarian hewan !
  1. Menangkar    hewan    langka    denqan mengisolasinya
  2. Mengambil  telur untuk  ditetaskan  dan dijual
  3. Memindahkan hewan langka kerumah untuk dipelihara
  4. Membuat undang-undang  perburuan
  5. Menindak     tegas     yang     melanggar undang-undang  tesebut
Upaya pelestarian hewan yang tepat ditunjukan nomor . . . .
  1. 1 – 2 – 3
  2. 2 – 3 – 4
  1. 3 – 4 – 5
  2. 1 – 4 – 6

  1. Hewan langk yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon adalah . . . .
  1. Badak bercula Satu
  2. Harimau
  1. Komodo
  2. Banteng

  1. Upaya rnelestarikan tumbuhan diantaranya Adalah didirikanya kebun plasma nutfah. Kebun ini bertujuan untuk . . . .
  1. Mengembangkan kebun koleksi yang didalamnya terdapat buah-buahan dan ubi-ubian
  2. Melestarikan tumbuhan langka seperti raflesia
  3. Mempertahankan bibit unggul seperti kelapa hibrida dan lainnya
  4. Mengembangkan berbagai tumbuhan baik tanaman pangan atau obat-obatan

  1. IPS

  1. Berikut ini bukan sumber  daya alam yang dapat diperbarui  adalah . . . .
  1. minyak bumi, logam, dan batu bara
  2. rninyak bumi, tumbuhan,  dan hewan
  3. hewan, tumbuhan,  dan udara    •
  4. kerbau sapi dan batu bara

  1. Perhatikan tabel !
Nama Tumbuhan
  1. Kacang
  2. Wortel
  3. Kol
  1. Pisang
  2. Kentang
  3. Muncang
Tumbuhan  yang cocok di daerah berhawa sejuk ditunjukan  oleh huruf . . . .
  1. p, q, dan s
  2. s, t, dan u
  1. r, t, dan u
  2. q, r, dan s

  1. Sebagian   besar  mata  pencaharian  penduduk yang hidup di daerah dataran tinggi adalah . . .
  1. petemak  sapi danpetani sayuran
  2. Petrnak sapi dan petani padi
  3. Petani kopi dan petrenak ikan
  4. Petani sayuran dan petemak bebek

  1. Di bawah ini  manfaat sumber daya alarn' berupa tanah berkapur atau .batu kapur adalah . . . .
  1. Bahan bangunan  dan sawah
  2. Bahan.semen dan hutan alba
  3. Bahan baku semen dan hutan jati
  4. Bahan bangonan dan kebun buah

  1. Segala sesuatu dari alam yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia disebut . . . .
  1. Harta kekayaan
  2. Sumber daya alam
  1. Bahan tambang
  2. Sumber kehidupan

  1. Pak Ali berprofesi   sebagai   pembuat   gerabah. Sumber  daya  alam  yang  dimanfaatkan  Pak Ali adalah . . . .
  1. Tanah berkapur
  2. Tanah berpasir
  1. Tanah liat dan pasir
  2. Tanah liat

  1. Perhatikan tabel!
Makanan Poko
Penduduk / Daerah
  1. Padi
  2. Papeda
  3. Jagung
 I.   Madura
  1. Papua
  2. Jawa Tengah
Pasangan yang tepat makanan pokok dan asal daerahnya adalah . . .
  1. P – II dan R – I
  2. Q – II dan R – II
  1. P – III dan Q – II
  2. R – II dan P – III

  1. Sumber  daya alam  mineral  yang  berada  di daerah Belitung yaitu ....
  1. Timah
  2. Batu Bara
  1. Minyak bumi
  2. Emas

  1. Perhatikan tabel!
Bahan Tambang
  1. Briket
  2. Marmer
  3. Bahan bakar bio
  4. Asbes
Kelompok  bahan tambang  pada tabel  di atas ditunjuk an oleh. Nomor . . . .
  1. 1, 2, dan 3
  2. 2, 3, dan 5
  1. 3, 4, dan 5
  2. 1, 4, dan 5

  1. Di bawah ini jenis-jenis tanaman industri, Kecuali . . . .
  1. Kelapa, kopi, dan koll
  2. Koll, tomat dan kopi
  3. Kopi, kelapa sawit, dan coklat
  4. Cabe, tomat dan pisang  



Dan berikut adalah kunci jawaban soal PTS Tema 6 kelas 4 SD-MI, Untuk mendownload link ada dibawah



KUNCI JAWABAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) II / GENAP
TEMA 6 CITA –CITAKU KELAS 4 SD/MI


1
D
11
B
21
B
31
A
2
C
12
A
22
D
32
C
3
D
13
D
23
C
33
A
4
B
14
D
24
A
34
C
5
A
15
A
25
D
35
B
6
A
16
C
26
A
36
D
7
C
17
D
27
D
37
C
8
B
18
D
28
D
38
A
9
A
19
B
29
A
39
A
10
D
20
C
30
A
40
D


18 Responses to "Soal PTS Tema 6 Kelas 4 SD-MI dan Kunci Jawaban semester 2"

  1. Sangat bermanfaat sekali dan cocok banget buat latihan latihan soal, terus ada jawaban nya juga. Tapi saran admin, diberikan penjelasan agar lebih detail dan sangat paham

    ReplyDelete
  2. Bagus buat adik latihan soal , apalagi mengulang - ulang yg dasar , biar jangan lupa , jadi inget masa sd -_-

    ReplyDelete
  3. Jadi inget masa kecil, btw adik saya masih sd dan kebetulan kelas 4 coba nanti saya beri dia soal ini hihihi...untuk penjelasan setiap soal mohon dilampirkan yah biar makin lengkap

    ReplyDelete
  4. Makasih atas soal Dan kunci jawabanya, sangat membantu, pas nih buat pertanyaan untuk adik saya

    ReplyDelete
  5. Wah cocok nih buat adik we.. Minta dibikinin tugas eh pas ketemu dah.
    lanjutkan gan

    ReplyDelete
  6. Jadi semangat belajar nih kalau ad contoh soal beserta jawabanny, jd punya persiapan utk adik saya menjelang uas maupun un;)

    ReplyDelete
  7. akhirnnya nemu jawaban buat soal adek, haturnuhun

    ReplyDelete
  8. Bagus banget, blog ini konsisten kasih latihan soal. Semoga sukses selalu. Bisa juga sih kalo saran saya diberi opsi kiriman soal dari pembaca gitu trus dibahas disini. salam....

    ReplyDelete
  9. mata pelajaran cita cita ku itu masuk ke pelajaran apa ya min jadi bingung saya

    ReplyDelete
  10. wah cocok nih yang pengen cari soal dan jawaban untuk anak. terima kasih ya

    ReplyDelete
  11. Alhamdulilah,akhirnya saya menemukan artikel dan blog pendidikan ini. Banyak sekali contoh-contoh latihan soal beserta jawabannya. Jadi,kita bisa memberikan latihan2 soal tsb kpd org2 terdekat kita.
    Terima Kasih banyak,gan

    ReplyDelete
  12. Terima kasih untuk sharing ilmunya...

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banyak min, sangat bermanfaat sekali. semoga berkah

    ReplyDelete
  14. terimakasih semuanya, saran masukan dan komentar kalian adalah ilmu yang sangat baik.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2