-->

Soal PAS PJOK - PENJASORKES Kelas 5 SD-MI dan Kunci Jawaban Semester 2 Terbaru



PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) II / GENAP
PENJASORKES KELAS 5 SD/MI
www.gemarsoal.blogspot.com
 
Nama : ……………………
Kelas/ Semester : 5 (lima) / II Genap
Mata Pelajaran : PJOK / PENJASORKES K13

 
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar !

  1. Perhatikan gambar di bawah!


Aktivitas seperti gambar menunjukkan kombinasi gerak langkah . . . .
  1. Dan  ayunan  lengan  diikuti  satu putaran lengan
  2. Dan   ayunan   lengan   diikuti   dua putaran lengan
  3. Kaki  ke  samping  diikuti  dengan ayunan lengan
  4. Biasa diikuti dengan ayunan lengan
  1. Riko ingin melakukan kombinasi gerak langkah biasa dan ayunan lengan. Gerakan pertama yang dilakukan riko ialah . . . .
  1. Berdiri tegak dengan kedua tangan di pinggang
  2. Melangkahkan kaki kiri diikuti kaki kanan
  3. Merapatkan kaki kanan sesuai irama
  4. Melangkahkan kaki kiri ke depan
  1. Ayunan lengan dalam senam irama bertujuan  . . . .
  1. Menjaga kekompakan gerakan
  2. Menjaga keseimbangan badan
  3. Memperindah gerakan
  4. Menyesuaikan irama
  1. Yudi melakukan kombinasi gerak langkah dan ayunan lengan ke samping. Posisi lengan yang tepan
  1. Lurus ke depan badan
  2. Urus ke atas kepala
  3. Lurus di samping badan
  4. Menyilang di depan badan
  1. Doni berdiri tegak dan melangkahkan kaki kiri. Kedua lengan diluruskan ke depan. Lengan kiri diayunkan ke samping kiri. Gerakan ini dilanjutkan dengan ayunan lengan kiri ke depan. Gerakan yang sama untuk lengan kanan. Dari deskripsi ini, Doni melakukan gerakan ayunan . . . .
  1. Dua lengan ke depan dan belakang
  2. Dua lengan ke samping
  3. Satu lengan ke depan dan belakang
  4. Satu lengan dari depan ke samping
  1. Alim hendak melakukan gerakan meluncur. Posisi kaki Alim yang tepat ialah . . . .
  1. Menjulur ke belakang
  2. Lurus ke depan
  3. Menekuk
  4. Merapat
  1. Tumpuan kaki pada dinding kolam saat hendak meluncur bertujuan ....
  1. Memberikan daya dorong
  2. Mempermudah gerakan kaki
  3. Mempermudah gerak tangan
  4. Menjaga keseimbangan tubuh
  1. Saat berenang gaya dada, Farhan mengayunkan lengan dan menarik ke belakang. Posisi telapak tangan menghadap . . . .
  1. Samping
  2. Dalam
  3. Luar
  4. Atas
  1. Teknik pengambilan napas sangat menentukan daya tahan perenang. Teknik pengambilan napas pada renang gaya dada ialah dihirup ….
  1. Melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut
  2. Melalui mulut dan dikeluarkan melalui hidung
  3. Dan dikeluarkan melalui hidung
  4. Dan dikeluarkan melalui mulut
  1. Salah  satu  gerakan  untuk  melatih  koordinasi  gerak  lengan  pada renang gaya dada ialah . . . .
  1. Berdiri menghadap dinding kolam
  2. Menggerakkan kaki dan lengan bersamaan
  3. Melatih tungkai kaki berpasangan dengan teman
  4. Menggerakkan lengan dengan mengapit pelampung
  1. Perhatikan gambar berikut!


Dalam permainan sepak bola, kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif seperti gambar bertujuan . . . .
  1. Menahan bola agar dapat dioper kembali
  2. Mengendalikan bola agar tidak direbut lawan
  3. Menahan bola dengan meredam kecepatannya
  4. Menguasai bola agar tidak melambung terlalu tinggi
  1. Perhatikan langkah-langkah berikut!
            1)     Berdiri tegak di pusat mata angin.
            2)     Geser kaki kiri atau kanan ke depan.
            3)     Tekuk kedua kaki dengan titik tumpu di tengah.
            4)     Geser kaki ke samping kiri dan kanan.
            5)     Kaki yang tidak bergeser ditekuk dan kaki yang bergeser posisi lurus ke samping.
Langkah-langkah yang tepat dalam sikap kuda-kuda tengah ditunjukkan oleh angka . . . .
  1. 1, 2, dan 3 
  2. 1, 2, dan 5
  3. 1, 3, dan 4  
  4. 1, 4, dan 5  
  1. Wulan  bermain  bola  basket  bersama  Ratna.  Wulan  melakukan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif, yaitu menekuk siku dan melempar bola setinggi (chest pass). Dalam permainan bola basket, kombinasi gerak dasar ini digunakan untuk . . . .
  1. Melakukan operan jarak jauh
  2. Menghindari penjagaan lawan
  3. Melakukan operan jarak pendek
  4. Menghalangi lemparan bola lawan
  1. Lintang memukul bola rounders diikuti gerakan melangkah. Gerakan yang dilakukan Lintang menunjukkan kombinasi gerak dasar . . . .
  1. Manipulatif dan nonlokomotor
  2. Manipulatif dan lokomotor
  3. Lokomotor dan manipulatif
  4. Nonlokomotor dan manipulatif
  1. Fandi akan  melakukan lempar roket. Fandi perlu memperhatikan gerakan melempar roket yang benar. Salah satu gerak dasar dalam melempar roket yang perlu diperhatikan Fandi adalah gerakan saat melakukan tolakan. Gerakan tolakan yang tepat ditunjukkan oleh gambar . . . .


  1. Perhatikan faktor-faktor berikut!
            1)     Intensitas latihan.
            2)     Variasi bentuk latihan.
            3)     Kombinasi bentuk latihan.
            4)     Pengulangan latihan.
Faktor-faktor yang memengaruhi latihan interval ditunjukkan oleh angka . . . .
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 4
  3. 2 dan 3
  4. 3 dan 4
  1. Ninda berlatih melompati peti lompat. Posisi kaki Ninda saat melayang di atas peti sebaiknya . . . .
  1. Ditekuk
  2. Diayunkan
  3. Dirapatkan
  4. Dikangkangkan
  1. Ani dan teman-temannya melakukan senam ketangkasan. Sebelum melakukan senam, Pak Guru mengajak mereka melakukan pemanasan. Pemanasan berfungsi untuk . . . .
  1. Menghindari cedera
  2. Menjaga tubuh tetap bugar
  3. Memberi tenaga tambahan
  4. Meningkatkan kemampuan senam
  1. Perhatikan gambar berikut!


Gambar tersebut menunjukkan gerak . . . .
  1. Langkah biasa
  2. Langkah rapat
  3. Langkah depan
  4. Langkah keseimbangan 
  1. Yeni melakukan aktivitas gerak berirama. Yeni melakukan ayunan lengan. Dalam gerak berirama, ayunan lengan bertujuan . . . .
  1. Menandai perpindahan gerakan
  2. Memudahkan kombinasi langkah
  3. Menyesuaikan irama musik peng¬iring
  4. Menyeimbangkan badan ketika bergerak
  1. Perhatikan gambar ayunan lengan berikut!


Gerak yang dilakukan seorang anak seperti pada gambar adalah ….
  1. Ayunan dua lengan ke samping
  2. Ayunan dua lengan ke depan dan belakang
  3. Ayunan satu lengan ke depan dan belakang
  4. Ayunan satu lengan dari depan ke samping
  1. Gerakan meluncur dalam renang gaya dada dilakukan dengan cara . . . .
  1. Kaki bertumpu pada dinding
  2. Lengan berada di bawah dagu
  3. Posisi muka berada di atas permukaan air
  4. Kedua kaki dan lengan lurus sejajar permukaan air
  1. Eva akan melakukan renang gaya dada. Gaya tersebut dapat dilakukan dengan posisi. . . .
  1. Miring ke kiri
  2. Miring ke kanan
  3. Menghadap ke atas
  4. Menghadap ke bawah
  1. Perhatikan gambar berikut!


Gerakan renang seperti gambar disebut dengan istilah gaya . . . .
  1. Dada
  2. Bebas
  3. Punggung
  4. Kupu-kupu
  1. Menjaga kesehatan badan dapat dilakukan dengan cara . . . .
  1. Belajar yang rajin
  2. Olahraga secara teratur
  3. Makan yang banyak
  4. Tidur siang setiap hari
  1. Orang yang menderita penyakit menular ditempatkan di ruangan isolasi di rumah sakit. Langkah tersebut dilakukan dengan tujuan . . . .
  1. Menghindarkan perawat dari virus penyakit
  2. Membuat keluarga orang yang sakit merasa nyaman
  3. Membuat orang yang sakit merasa nyaman
  4. Agar virus penyakit tidak menular
  1. Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan binatang pada gambar . . . .


  1. Nikotin merupakan zat adiktif yang terdapat pada rokok. Zat ini berbahaya karena . . . .
  1. Menyebabkan kecanduan
  2. Mengganggu pernapasan
  3. Menyumbat paru-paru
  4. Menyebabkan kanker
  1. Ampetamin termasuk salah satu jenis narkoba. Kebiasaan mengonsumsi amphetamin menimbulkan efek jangka pendek yaitu . . . .
  1. Pikiran kacau
  2. Mengalami eufhoria
  3. Pernapasan menjadi lambat
  4. Kerusakan sistem kardiovaskular
  1. Zat  adiktif  ini  dapat  dipakai  sebagai  pembius  dan  memiliki  efek merangsang jaringan otak bagian pusat. Zat adiktif yang dimaksud ialah . . . .
  1. Kokain
  2. Nikotin
  3. Alkohol
  4. Cannabinoids
  1. Aktivitas joging setiap pagi membuat tubuh menjadi bugar. Tubuh bugar merupakan ciri-ciri tubuh . . . .
  1. Lelah
  2. Sehat
  3. Letih
  4. Lemas
  1. Didi terkena penyakit flu. Upaya Didi agar teman-temannya di sekolah tidak tertular flu, ialah . . . .
  1. Istirahat di UKS selama di sekolah
  2. Menutup hidung dengan tangan
  3. Izin pulang sekolah lebih awal
  4. Mengenakan masker
  1. Penularan penyakit dapat dilakukan secara langsung maupun melalui vektor. Contoh penyakit yang ditularkan melalui vektor, yaitu . . . .
  1. Antraks, rabies, dan malaria
  2. Rabies, malaria, dan campak
  3. Pes, chikungunya, dan influenza
  4. Demam berdarah, malaria, dan chikungunya
  1. World Health Organization (WHO) menyatakan penyakit tidak menular menjadi pembunuh pertama di dunia. Seseorang dapat terkena penyakit tidak menular karena . . . .
  1. Memiliki pola hidup tidak sehat
  2. Munculnya wabah penyakit di suatu wilayah
  3. Kontak langsung dengan penderita penyakit
  4. Lingkungan rumah kotor sehingga menjadi sarang nyamuk
  1. Setiap orang berusaha mempunyai tubuh sehat. Upaya untuk menjaga kesehatan tubuh ialah . . . .
  1. Menambah porsi makan
  2. Membaca buku kesehatan
  3. Memperpanjang waktu tidur siang
  4. Melakukan olahraga secara rutin
  1. Perhatikan tabel berikut!

Jenis penyakit tidak menular ditunjukkan oleh pasangan . . . .
  1. X1), X2), dan Y1)
  2. X1), X3), dan Y2)
  3. X2), Y1), dan Y2)
  4. X3), Y2), dan Y3)
  1. Penyakit  menular  dapat  disebabkan  melalui  perantara  kutu  yang menggigit hewan pengerat terinfeksi. Salah satu penyakit yang timbul melalui penularan tersebut ialah . . . .
  1. Kusta
  2. Pes
  3. Malaria
  4. Chikungunya
  1. Budaya hidup sehat dapat dilakukan secara mudah dan sederhana. Budaya hidup sehat dapat ditunjukkan oleh pernyataan …..
  1. Puput makan makanan dalam porsi banyak.
  2. Yayat membuang sampah plastik di selokan.
  3. Titik biasa mencuci tangan sebelum makan.
  4. Andri makan camilan sambil berjalan.
  1. Pak Ahmad memberantas jentik-jentik nyamuk. Pak Ahmad menutup penampungan air dan menguras bak mandi. Tindakan Pak Ahmad bertujuan mencegah terjangkitnya penyakit . . . .
  1. Pes
  2. Rabies
  3. Antraks
  4. Chikungunya
  1. Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan untuk Pencegahan Penyakit Menular. Upaya pemerintah dalam mencegah penyakit menular sebagaimana diatur dalam peraturan tersebut, yaitu ….

  1. Karbon monoksida merupakan salah satu zat yang terkandung dalam rokok.  Jika  terhirup  tubuh, karbon monoksida dapat mengurangi kemampuan sel-sel darah merah untuk mengangkut . . . ke seluruh tubuh.
  1. Air
  2. Gas
  3. Udara
  4. Oksigen
  1. Seorang  perokok aktif berpotensi  mengalami gangguan pada organ  tubuh. Organ tubuh yang pertama kali rusak akibat asap rokok ialah ….
  1. Hati
  2. Jantung
  3. Paru-paru
  4. Tenggorokan
  1. Perhatikan dampak-dampak berikut!
            1)     Menyebabkan kecanduan.
            2)     Memengaruhi sistem saraf.
            3)     Mempercepat denyut jantung.
Zat dalam rokok yang menyebabkan dampak tersebut adalah ….
  1. Nitrosamin
  2. Ammonia
  3. Benzen
  4. Nikotin
  1. Zat yang terkandung dalam rokok ini berupa kotoran pekat. Zat ini dapat menyumbat dan menyebabkan iritasi pada paru-paru. Pernyataan tersebut merujuk pada . . . .
  1. Tar
  2. Nikotin
  3. Methanol
  4. Karbon monoksida
  1. Minuman keras dapat membahayakan kesehatan. Bahaya tersebut muncul karena minuman keras mengandung . . . .
  1. Etanol
  2. Zat adiktif
  3. Gas beracun
  4. Karbon dioksida
  1. Minuman   keras   dapat   menyebabkan   gangguan   fungsi   berpikir, merasakan, dan berperilaku. Gangguan tersebut ialah gangguan …. 
  1. Sosiologis
  2. Kejiwaan
  3. Mental
  4. Mental organik
  1. Seseorang yang minum-minuman keras akan mabuk. Saat mabuk, orang tersebut mengalami perubahan fisik yang ditandai dengan . . . .
  1. Kemampuan berpikir meningkat
  2. Bicara tidak karuan
  3. Mudah tersinggung
  4. Mata merah
  1. Perhatikan keterangan berikut!
            1)     Denyut nadi meningkat.
            2)     Daya ingat menurun.
            3)     Muncul rasa takut dan panik.
            4)     Terjadi depresi.
            5)     Terjadi kejang.
Dampak penyalahgunaan ganja ditunjukkan oleh angka . . . .
  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 3, dan 5
  3. 2, 3, dan 4
  4. 3, 4, dan 5
  1. Perhatikan ciri-ciri berikut!
            1)     Obat penenang.
            2)     Pencegah kuman.
            3)     Menyebabkan tertidur.
            4)     Obat pencegah muntah.
Ciri-ciri sedativa-hipnotika ditunjukkan oleh angka . . . .
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  1. Prevensi merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi masalah narkoba. Contoh tindakan prevensi ialah . . . .
  1. Mengikuti program rehabilitasi
  2. Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
  3. Mengadakan kegiatan belajar bersama
  4. Mengikuti penyuluhan bahaya narkoba
 


Sahabat gemarsoal.blogspot.com dibawah ini adalah kunci jawaban untuk soal PAS PJOK / PENJASORKES K13 Kelas 5 SD-MI plus kunci jawaban semester 2 terbaru. Untuk mendownload soal plus kunci jawaban link ada di bawah
 
 

KUNCI JAWABAN
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) II / GENAP
PENJASORKES KELAS 5 SD/MI
 
 
 
1
B
11
C
21
A
31
B
41
A
2
A
12
D
22
A
32
A
42
D
3
B
13
C
23
D
33
A
43
C
4
C
14
B
24
A
34
B
44
D
5
D
15
C
25
B
35
D
45
A
6
A
16
B
26
D
36
D
46
D
7
A
17
D
27
B
37
B
47
D
8
C
18
A
28
A
38
C
48
D
9
D
19
C
29
D
39
D
49
B
10
B
20
D
30
A
40
C
50
A
 
 




Sahabat gemarsoal.blogspot.com demikianlah soal latihan untuk persiapan atau referensi dalam menghadapi ulangan semester di sekolah, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat. Apabila terdapat kunci jawaban yang salah atau tidak sesuai mohon maaf, manusia tidak lepas dari lupa dan salah. Semoga siswa-siswi kita selalu diberi kesehatan dan kecerdasan serta ilmu yang bermanfaat.
 
 
 
 
 
 
 

0 Response to "Soal PAS PJOK - PENJASORKES Kelas 5 SD-MI dan Kunci Jawaban Semester 2 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2