Soal PAT / UAS Tematik Tema 8 Kelas 4 SD MI Semester 2 Plus Kunci Jawaban Terbaru
Sahabat gemarsoal.blogspot.com disini tempat download soal terbaru dan kunci jawabannya, kami menyajikan soal PTS / UTS / UAS / PAT SD/MI dengan kurikulum 2013 / K13 dan dapat digunakan untuk mengukur pencapaian peserta atau persiapan menghadapi ulangan di SD maupun MI. Untuk mendownload soal plus kunci jawaban link ada di bawah sendiri.
PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2 / GENAP (PAS/PAT/UAS)
TEMA 8 KELAS 4 SD/MI
www.gemarsoal.blogspot.com
Nama : ……………………
Kelas/ Semester : 4/ II Genap
Mata Pelajaran : Tema 8
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling benar!
PPKn (KD. 3.3)
- Warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan merupakan contoh keragaman dalam hal ... .
- kegemaran
- fisik
- sifat
- keagamaan
- Fatimah menyukai Tari Saman sedangkan Zaenab menyukai Tari Kecak. Hal ini menunjukkan adanya keragaman dalam hal ... .
- fisik
- sifat
- keagamaan
- kegemaran
- Edo beribadah di Pura, Ali beribadah di Masjid, sedangkan Yudha beribadah di Gereja, namun mereka tetap dapat hidup rukun. Hal ini menunjukkan adanya keragaman dalam hal ... .
- sifat
- peribadatan
- fisik
- kegemaran
- Sikap yang seharusnya ditunjukkan dengan adanya perbedaan agama di sebuah lingkungan bermasyarakat yang berbeda-beda, yaitu ... .
- saling curiga
- saling menyalahkan
- saling menghormati
- saling mengadu domba
- Adanya perbedaan suku, bangsa, budaya, adat, dan bahasa di Indonesia menjadi .... bagi bangsa Indonesia.
- kekayaan
- perpecahan
- senjata
- halangan
- Salah satu manfaat bagi siswa yang menyadari atas keragaman karakteristik antara teman di kelas, yaitu menjadi sarana untuk ... .
- memilih-pilih teman
- mengasingkan diri
- saling mengenal
- saling mengunggulkan
- Berikut ini adalah sikap yang dilestarikan untuk menjaga kerukunan dalam perbedaan di negara Indonesia, kecuali ... .
- bergotong royong
- saling menyalahkan
- menghormati
- menghargai
- Sikap menerima perbedaan yang ada dapat menciptakan ... .
- perpecahan
- kerukunan
- perselisihan
- perdebatan
- Gaya hidup seseorang yang menjadi ciri-ciri dari perilakunya disebut dengan ... .
- tokoh
- norma
- budaya
- karakteristik
- Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan yang tepat berdasarkan gambar di atas adalah ... .
- Gambar di atas adalah contoh keragaman sifat, yaitu ayah suka lari sedangkan Ani suka bersepeda.
- Gambar di atas adalah contoh keragaman fisik, yaitu ayah pendek sedangkan Ani tinggi.
- Gambar di atas adalah contoh keragaman kegemaran, yaitu ayah suka bersepeda sedangkan Ani suka berlari.
- Gambar di atas adalah contoh keragaman kegemaran, yaitu ayah suka lari sedangkan Ani suka bersepeda.
Bahasa Indonesia (KD. 3.9)
- Asal mula telaga warna merupakan salah satu contoh cerita yang berasal dari daerah ... .
- Semarang
- Surabaya
- Bogor
- Kudus
- Cerita berupa hasil rekaan atau khayalan pengarang disebut dengan cerita ... .
- fakta
- sejarah
- fiksi
- legenda
- Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Bertujuan untuk menghibur dengan menceritakan suatu peristiwa;
2) Menggunakan bahasa baku;
3) Menceritakan peristiwa sesungguhnya;
4) Disajikan dalam alur cerita.
Ciri-ciri cerita fiksi ditunjukkan pada nomor ....
- 1 dan 2 C. 2 dan 3
- 1 dan 4 D. 3 dan 4
- Si Kancil merupakan salah satu contoh judul cerita fiksi yang disebut dengan ... .
- legenda
- hikayat
- sage
- fabel
- Tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita disebut dengan tokoh ... .
- utama
- cadangan
- pembantu
- protagonis
KD. 3.10.
Teks cerita untuk soal nomor 16 – 20 !
Dahulu kala di Jawa Barat, ada Raja dan Permaisuri yang belum dikarunia anak. Padahal, mereka sudah bertahun-tahun menunggu.
Akhirnya, Raja memutuskan untuk bertapa di hutan. Di hutan Raja terus berdoa kepada Yang MahaKuasa. Raja meminta agar segera dikarunia anak. Doa Raja pun terkabul.
Permaisuri melahirkan seorang bayi perempuan. Raja dan Permaisuri sangat bahagia. Seluruh rakyat juga bersuka cita menyambut kelahiran Putri Raja.
Raja dan Permaisuri sangat menyayangi putrinya. Mereka juga sangat memanjakannya. Segala keinginan putrinya dituruti.
Tak terasa Putri Raja telah tumbuh menjadi gadis yang cantik. Hari itu dia berulang tahun ketujuh belas. Raja mengadakan pesta besarbesaran.
Semua rakyat diundang ke pesta. Raja dan Permaisuri telah menyiapkan hadiah istimewa berupa kalung. Kalung terbuat dari untaian permata berwarna-warni. Saat pesta berlangsung, Raja menyerahkan kalung itu.
”Kalung ini hadiah dari kami. Lihat, indah sekali, bukan? Kau pasti menyukainya,” kata Raja.
Raja bersiap mengalungkan kalung itu ke leher putrinya. Sungguh di luar dugaan, Putri menolak mengenakan kalung itu.
”Aku tak suka kalung ini, Ayah,” tolak Putri dengan kasar. Raja dan Permaisuri terkejut. Kemudian, Permaisuri berusaha membujuk putrinya dengan lembut. Permaisuri mendekat dan hendak memakaikan kalung itu ke leher putrinya.
”Aku tidak mau! Aku tidak suka kalung itu! Kalung itu jelek!” teriak Putri sambil menepis tangan Permaisuri.
Tanpa sengaja, kalung itu terjatuh. Permata-permatanya tercerai berai di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku Putri yang mereka sayangi.
Tidak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berserakan.
Air tersebut mengalir ke luar istana dan membentuk danau. Anehnya, air danau berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung Putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.
- Judul cerita rakyat di atas adalah ... .
- Asal Mula Warna Pelangi
- Puteri yang Sombong
- Asal Mula Telaga Warna
- Kalung Permata Warna Warni
- Tokoh antagonis pada cerita di atas adalah ... .
- Raja
- Rakyat
- Permaisuri
- Putri Raja
- Watak yang dimiliki oleh sang Raja pada cerita di atas, yaitu ... .
- sabar
- pemarah
- sombong
- angkuh
- Watak yang dimiliki oleh permaisuri pada cerita di atas, yaitu ... .
- sombong
- pemarah
- lemah lembut
- pembohong
- Watak yang dimiliki oleh putri raja pada cerita di atas, yaitu ... .
- angkuh dan sombong
- sabar dan lemah lembut
- suka pamer dan sabar
- suka berbohong dan berani
Ilmu Pengetahuan Alam (KD. 3.4)
- Perhatikan gambar berikut!
Gaya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan pada gambar di samping adalah ... .
- Gaya gravitasi dan magnet
- Gaya tarik dan dorong
- Gaya pegas dan tarik
- Gaya listrik dan magnet
- Kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak berpindah tempat atau berubah bentuk disebut dengan ... .
- energi
- tenaga
- daya
- gaya
- Perhatikan gambar berikut!
Akibat yang terjadi pada meja sesuai dengan gambar di atas adalah ... .
- meja akan tetap berada di tempatnya
- meja akan terdorong ke arah depan
- meja akan terdrong ke arah belakang anak
- meja akan rusak karena didorong
- Perhatikan gambar berikut!
Hubungan antara gaya dan gerak pada peristiwa gambar di atas adalah ...
- Semakin kuat gaya menarik maka benda akan terlontar semakin jauh.
- Semakin lemah gaya menarik maka benda akan terlontar semakin jauh.
- Semakin kuat gaya medorong maka benda akan terlontar semakin jauh.
- Semakin lemah gaya mendorong maka benda akan terlontar semakin jauh.
Perhatikan gambar berikut untuk soal nomor 25 dan 26!
- Gaya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan di atas adalah ... .
- gaya pegas
- gaya listrik
- gaya tarik
- gaya magnet
- Gaya yang ditimbulkan pada kegiatan pada gambar di atas adalah ... .
- gaya gesek
- gaya magnet
- gaya listrik
- gaya gravitasi
Perhatikan gambar berikut untuk soal nomor 27 dan 28!
- Gaya yang dibutuhkan ketika menendang bola sesuai dengan gambar di atas adalah ... .
- gaya gravitasi
- gaya otot
- gaya magnet
- gaya listrik
- Bola yang ditendang lama-kelaman akan berhenti dengan sendirinya, hal ini disebabkan karena . . . antara bola dengan tanah atau rumput.
- adanya gaya listrik
- adanya gaya gesek
- adanya gaya magnet
- adanya gaya gravitasi
- Perhatikan gambar di bawah ini!
Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan gambar di atas tentang sifat-sifat gaya, yaitu ... .
- gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak
- gaya dapat merubah bentuk suatu benda
- gaya dapat menembus benda yang bening
- gaya dapat merambat lurus dan dibiaskan
- Perhatikan gambar berikut!
Pengaruh gaya terhadap arah gerak bola berdasar gambar di atas adalah ... .
- bola diam menjadi bergerak ke atas
- bola diam menjadi bergerak ke depan
- bola bergerak ke atas berubah arah ke depan
- bola bergerak ke depan berubah arah ke atas
Ilmu Pengetahuan Sosial (KD. 3.3)
- Kegiatan membuat barang dalam kegiatan ekonomi disebut dengan ... .
- konsumsi
- distribusi
- produksi
- konsumen
- Kegiatan menyalurkan barang yang telah dibuat dalam kegiatan ekonomi disebut dengan ... .
- konsumsi
- produksi
- distribusi
- produsen
- Kegiatan menggunakan atau memakai barang dalam kegiatan ekonomi disebut dengan ... .
- distributor
- konsumsi
- distribusi
- produksi
- Seseorang yang pekerjaannya menyalurkan barang yang telah dibuat dalam kegiatan ekonomi disebut dengan ... .
- konsumen
- distributor
- produsen
- distribusi
- Petani sayur dan pemetik daun teh adalah contoh pekerjaan penduduk yang biasanya tinggal di daerah ... .
- dataran rendah
- perkotaan
- dataran tinggi
- pesisir pantai
- Pekerjaan yang sebagian besar dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pesisir adalah ... .
- nelayan
- petani sayur
- karyawan
- petani padi
- Seseorang yang pekerjaannya membuat barang dalam kegiatan ekonomi disebut dengan ... .
- konsumen
- produsen
- distributor
- konsumsi
- Petani padi merupakan salah satu contoh pekerjaan masyarakat yang berada di daerah ....
- pesisir
- dataran tinggi
- dataran rendah
- perkotaan
- Berikut ini kegiatan ekonomi yang termasuk dalam kegiatan produksi adalah ... .
- pertanian, peternakan, dan perdagangan
- penjualan, industri kerajinan, dan perikanan
- pembelian, penjualan, dan industri kerajinan
- peternakan, pertanian, dan industri kerajinan
- Pedagang, sopir, agen, dan kuli angkut merupakan contoh jenis pekerjaan dalam kelompok kegiatan ... .
- produksi
- konsumsi
- distribusi
- transaksi
SBDP (KD. 3.2)
- Lagu yang berjudul “ Yamko Rambe Yamko” merupakan salah satu lagu daerah yang berasal dari daerah ... .
- Sumatera
- Papua
- Jawa Barat
- Kalimantan
- Cepat lambatnya suatu lagu dinyanyikan disebut dengan ... .
- tempo
- nada
- ritme
- melodi
- Lagu yang menggambarkan suasana keriangan biasanya menggunakan tempo ... .
- biasa
- sedang
- lambat
- cepat
- Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas merupakan contoh ... .
- tempo
- tangga nada
- ritme
- melodi
- Lihat gambar beriku!
menunjukkan adanya nada yang ... .
- sedang
- biasa
- tinggi
- rendah
KD. 3.3.
- Tari Golek merupakan salah satu tarian dari daerah ... .
- Semarang
- Yogyakarta
- Jawa Timur
- Jawa Barat
- Tari Kecak merupakan salah satu contoh tarian dari daerah ... .
- Bali
- Aceh
- Padang
- Bandung
- Tari Merak adalah salah satu contoh tarian yang berasal dari daerah ... .
- Jawa Timur
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- Kalimantan
KD. 3.1.
- Perhatikan tabel di bawah ini!
Pasangan antara jenis benda dan contoh benda yang tepat adalah ... .
- 1a, 2b, dan 3c
- 1a, 2c, dan 3b
- 1b, 2a, dan 3c
- 1b, 2c, dan 3a
- Berikut ini yang termasuk karya seni tiga dimensi adalah ... .
- miniatur monumen nasional (monas)
- lukisan monumen nasional (monas)
- foto monumen nasional (monas)
- tiket masuk lokasi monumen nasional (monas)
- Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!
PPKn (KD. 3.3)
- Sebutkan 3 sikap yang baik agar tercipta kerukunan dalam keragaman beribadah!
Bahasa Indonesia (KD. 3.9)
- Apakah yang disebut dengan tokoh antagonis dalam sebuah cerita?
KD. 3.10.
Perhatikan teks berikut ini!
Caadara adalah putra Panglima Wire dari Desa Kramuderu. Pada suatu ketika Panglima Wire mengutus Caadara dan teman-temannya untuk pergi berburu di hutan. Pada saat di hutan, Caadra, bertemu suku Kuala dan terlibat peperangan dengan mereka. Dengan tanpa gentar, Caadara memimpin teman-temannya melawan suku Kuala. Berkat petunjuk Caadara, teman-temannya pun berhasil mengalahkan musuh.
”Kamu hebat Caadara. Kamu pantas menjadi panglima perang. Kami akan mengusulkan kepada Panglima Wire untuk mengangkatmu menjadi panglima perang yang baru.” Kata teman Caadara.
”Jujur saja aku tidak mengincar jabatan, teman-teman. Aku hanya ingin melakukan yang terbaik untuk desa kita.” Kata Caadara rendah hati.
Caadara dan teman-temannya kembali ke Desa Kramuderu dengan selamat.
- Sebutkan 3 watak yang dimiliki oleh Caadara berdasarkan cerita di atas!
Ilmu Pengetahuan Alam (KD. 3.4)
- Tulislah 3 contoh macam-macam gaya!
- Sebutkan 3 (tiga) macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda!
Ilmu Pengetahuan Sosial (KD. 3.3)
- Sebutkan 3 contoh pekerjaan di bidang jasa!
- Apakah nama kota yang menjadi pusat industri di Pulau Jawa dan dijuluki dengan sebutan kota seribu industri ?
SBDP (KD. 3.2)
- Sebutkan 3 (tiga) macam-macam tempo dalam sebuah lagu!
KD. 3.3
- Perhatikan gambar berikut!
Apakah nama tarian pada gambar di samping?
KD. 3.1.
- Sebutkan 2 ciri-ciri karya seni tiga dimensi !
KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV (EMPAT) TEMA 8
A. Pilihan Ganda
PPKn (KD. 3.3)
1. B
2. D
3. B
4. C
5. A
6. C
7. B
8. B
9. D
10. D
Bhs. Indo (KD. 3.9)
11. C
12. C
13. B
14. D
15. A
KD. 3.10
16. C
17. D
18. A
19. C
20. A
IPA (KD. 3.4)
21. B
22. D
23. B
24. A
25. C
26. A
27. B
28. B
29. A
30. C
IPS (KD. 3.3)
31. C
32. C
33. B
34. B
35. C
36. A
37. B
38. C
39. D
40. C
SBDP (KD. 3.2)
41. B
42. A
43. D
44. B
45. C
KD. 3.3
46. B
47. A
48. B
KD. 3.1
49. D
50. A
B. Uraian
PPKn (KD. 3.3)
51. Sikap yang baik agar tercipta kerukunan dalam keragaman beribadah diantaranya :
1) Saling menghargai satu sama lain
2) Saling menghormati satu sama lain
3) Tidak saling menyalahkan satu sama lain
4) Menghargai adanya perbedaan agama satu sama lain
(kebijaksanaan guru)
Bahasa Indonesia (KD. 3.9)
52. Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang tidak disenangi pembaca karena perannya tidak sesuai yang didambakan pembaca
KD. 3.10
53. Pemberani, cerdas, dan rendah hati (Kebijaksanaan guru)
Ilmu Pengetahuan Alam (KD. 3.4)
54. Gaya dorong, daya gravitasi, gaya pegas, gaya otot, gaya magnet (kebijaksanaan guru)
55. Macam-macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda diantaranya :
1) Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
2) Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
3) Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
4) Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.
Ilmu Pengetahuan Sosial (KD. 3.3)
56. Satpam, guru, dokter, montir dan peternak (Kebijaksanaan guru)
57. Tangerang
SBDP (KD. 3.2)
58. Tempo sedang, tempo cepat, dan tempo lambat
KD. 3.3.
59. Tari kipas
KD. 3.1.
60. Ciri-ciri karya seni tiga dimensi diantaranya :
1) Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang manapun;
2) Memiliki volume
(kebijaksanaan guru)
Klik disini untuk mendownload soal plus kunci jawaban
Sahabat gemarsoal.blogspot.com demikianlah soal latihan untuk persiapan atau referensi dalam menghadapi ulangan semester di sekolah, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat. Apabila terdapat kunci jawaban yang salah atau tidak sesuai mohon maaf, manusia tidak lepas dari lupa dan salah. Semoga siswa-siswi kita selalu diberi kesehatan dan kecerdasan serta ilmu yang bermanfaat.
0 Response to "Soal PAT / UAS Tematik Tema 8 Kelas 4 SD MI Semester 2 Plus Kunci Jawaban Terbaru"
Post a Comment