-->

Pendalaman Materi : Pengumpulan Data Matematika Dasar

 Contoh Soal Penilaian Harian

 

Pelajaran 7    Mengumpulkan Data

 

Nama                 : ………………………..

Kelas/Semester  : V/II (Lima/Dua)

Hari/Tanggal      : ………………………..

 

Kerjakan soal – soal di bawah ini dengan teliti dan benar !

BELAJAR DI KELAS

  1. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar!
  1. Berikut ini adalah metode pengumpulan data, kecuali ….
  1. Wawancara    c.   Observasi
  2. Eksplorasi    d.   Kuesioner
  1. Setelah mengumpulkan data, data disajikan. Penyajian data dapat dilakukan dengan diagram berikut, kecuali ….
  1. Diagram lingkaran   c.   Diagram garis
  2. Diagram batang    d.   Diagram angka
  1. Data dibawah ini disajikan dalam bentuk ….

  1. Diagram lingkaran   c.    Diagram garis
  2. Diagram batang    d.    Diagram angka
  1. Perhatikan data dibawah ini!

Berdasarkan sifatnya, data diatas adalah data ….

  1. Kualitatif     c.    Wawancara
  2. Kuantitatif    d.    Survey
  1. Dibawah ini adalah diagram yang menunjukkan distribusi frekuensi pekerjaan warga di dusun Demangan pada tahun 2019. Jumlah warga dusun Demangan 300 orang. Pernyataan yang tepat sesuai diagram adalah ….

  1. 30 orang warga dusun Demangan bekerja sebagai PNS
  2. Pekerjaan warga dusun Demangan paling banyak adalah sebagai karyawan
  3. Warga dusun Demangan yang bekerja sebagai buruh ada 105 orang
  4. Pekerjaan paling sedikit dari warga dusun Demangan adalah sebagai pedagang yang berjumlah 36 orang

Perhatikan diagram dibawah ini untuk soal 6-8!

Diagram berikut menunjukkan data penjualan hasil panen dari desa Sangkal. Total dari penjualan hasil panen tersebut adalah 400 ton.

  1. Banyaknya penjualan hasil panen padi adalah ….. ton
  1. 50     c.    150
  2. 100    d.    300
  1. Selisih penjualan hasil panen kacang hijau dengan kacang adalah …. ton
  1. 64     c.    16
  2. 48      d.    8
  1. Jumlah penjualan hasil panen singkong dan padi adalah …. ton
  1. 188    c.    88
  2. 266    d.    100

 

 

Perhatikan diagram berikut untuk soal 9-13!

Berikut adalah diagram yang menunjukkan hasil panen padi dari desa Ngijo dari tahun ke tahun.

  1. Digaram diatas merupakan diagram ….
  1. Diagram lingkaran   c.    Diagram garis
  2. Diagram batang    d.    Diagram angka
  1. Jumlah produksi padi tertinggi terjadi pada tahun ….
  1. 2015     c.    2013
  2. 2014     d.    2012
  1. Pada tahun 2015 desa Ngijo menghasilkan padi sebanyak ….
  1. 200 ton     c.    600 ton
  2. 400 ton     d.    800 ton
  1. Kenaikan produksi padi tertinggi terjadi pada tahun ….
  1. 2011     c.    2017
  2. 2012     d.    2016
  1. Penyajian diagram garis diatas menjadi diagram batang yang benar adalah ….
  1.      
  1. Dibawah ini adalah pembagian data menurut waktu pengumpulannya, kecuali ….
  1. Data cross section   c.    Data internal
  2. Data time series    d.    Data panel
  1. Data yang bersumber dari luar suatu kelompok atau organisasi disebut data ….
  1. Data internal    c.    Data panel
  2. Data eksternal    d.    Data time series

 

 

 

 

 

 

 

  1. Isilah soal berikut dengan jawaban yang benar!
  1. Perhatikan tabel dibawah ini!

Tabel diatas merupakan salah satu contoh data, yang dimaksud dengan data adalah ……

  1. Perhatikan gambar dibawah ini!

Gambar diatas merupakan salah satu metode untuk mengumpulkan data, sebutkan metode apa saja yang digunakan untuk mengumpulkan data ……

  1. Pada bulan Januari 2009, toko A mempunyai karyawan sebanyak 10 orang, restoran tersebut mampu menjual 19.587.200 ton beras, melakukan pembelian bahan baku sebanyak 10.300.100 ton beras. Sedangkan toko B mempunyai karyawan sebanyak 15 orang, mampu menjual 23.584.000 ton beras, dan melakukan pembelian bahan baku sebanyak 16.200.589 ton beras. Sementara toko C mempunyai karyawan sebanyak 7 orang, restoran tersebut mampu menjual 17.211.000, dan melakukan pembelian bahan baku sebanyak 13.300.251 ton beras. Buatlah perbandingan data tersebut ke dalam tabel cross section!
  2. Hasil Tugas Matematika dari 40 siswa kelas V ,berikut ini:

66

75

74

72

79

78

75

75

79

71

75

76

74

73

71

72

74

74

71

70

74

77

73

73

70

74

72

72

80

70

73

67

72

72

75

74

74

68

69

80

Dari data diatas rubahlah kedalam bentuk tabel dan diagram lingkaran!

 

  1. Rudi, Eka, dan Indra sedang menanyakan olahraga yang digemari siswa kelas IV SD Cemerlang, berikut tabelnya.

No.

Jenis Olahraga

Banyak Siswa

1

Tenis Meja

2

2

Bulutangkis

3

3

Renang

7

4

Kasti

8

5

Sepakbola

6

Dari tabel diatas, coba uraikan ke dalam kalimat matematikanya!

  1. Berikut hasil dari mengumpulkan data cita-cita dari semua siswa kelas 5:

No.

Cita-cita

Jumlah

1

Dokter

6

2

Guru

7

3

Desainer

3

4

Pilot

5

5

Wirausaha

9

Berdasarkan tabel diatas, rubahlah menjadi diagram batang!

  1. Apa perbedaan dari data acak atau tunggal dengan data kelompok ?
  2. Dalam kurun wkatu 5 tahun, yaitu pada tahun 2000-2005, produsen dunia komunitas kopi pada tahun 2000 memproduksi sekitar 7.562.713, tahun 2001 memproduksi 7.407.986 dan lagnya sebesar -154.727, tahun 2002 memproduksi 7.876.893 dan lagnya sebesar 468.907, tahun 2003 memproduksi 7.179.592, dan lagnya sebesar -697.301, tahun 2004 memproduksi 7.582.293 dan lagnya sebesar 402.701, dan pada tahun 2005 memproduksi 7.276.333 dan lagnya sebesar -305.960. berdasarkan data tersebut rubahlah ke dalam tabel data time series!
  3. Sebutkan 2 contoh dari data kualitatif dan data kuantitatif!
  4. Hasil ulangan Bahasa Indonesia 37 siswa kelas III disajikan dalam tabel di bawah.

Nilai

Frekuensi

2

7

4

3

5

5

6

4

7

10

9

7

10

1

Berapa orang siswa yang mendapat nilai 5? Dan nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa?

 

 

 

Kunci Jawaban :

  1. Pilihan Ganda
  1. B  6. B  11. A
  2. D  7. C  12. A
  3. A  8. A  13. C
  4. A  9. C  14. C
  5. C  10. C  15. B

 

  1. Isian
  1. Data adalah keterangan/informasi yang benar dan nyata yang diperoleh dari suatu pengamatan atau penelitian yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang
  2. Metode mengumpulkan data:
  • Wawancara, yaitu metode pengambilan data dengan cara menanyakan sesuatu kepada seseorang responden.
  • Observasi, yaitu pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau gejala-gejala dalam objek penelitian.
  • Angket atau kuesioner, yaitu suatu teknik pengumpulan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden).
  1. Data cross section toko A,B, dan C:

Toko

Jumlah Karyawan

Penjualan

Pembelian Bahan Baku

A

10

19.587.200

10.300.100

B

15

23.584.000

16.200.589

C

7

17.211.000

13.300.251

  1. Tabel tugas matematika dari 40 siswa kelas V:

Nilai

Frekuensi

66-68

3

69-71

5

72-74

18

75-77

7

78-80

5

Dalam bentuk diagran lingkaran:

  1. Data olahraga kegemaran kelas IV SD Cemerlang:
  • Yang menggemari tenis meja ada 2 siswa,
  • Yang menggemari bulutangkis ada 3 siswa,
  • Yang menggemari renang ada 7 siswa,
  • Yang menggemari Kasti ada 8 siswa,
  • Yang menggemari sepakbola ada 6 siswa,
  • Yang menggemari voli ada 4 siswa.
  1. Data cita-cita siswa kelas 5:

  1. Data acak atau tunggal adalah data yang belum tersusun atau dikelompokkan kedalam kelas-kelas interval. Sedangkan data kelompok adalah data yang sudah tersusun atau dikelompokkan kedalam kelas-kelas interval. Data kelompok disusun dalam bentuk distribusi frekuensi atau tabel frekuensi.
  2. Data time series:

Tahun

Produksi Kopi (Ton)

Lag Produksi Kopi

2000

7.562.713

-

2001

7.407.986

-154.727

2002

7.876.893

468.907

2003

7.179.592

-697.301

2004

7.582.293

402.701

2005

7.276.333

-305.960

  1. Data kualitatif:
  • Bunga anggrek lebih mahal daripada bunga bougenvile.
  • HP merk A lebih canggih dan murah dibandingkan dengan merk B.

Data kuantitatif:

  • Jarak dari kota A ke kota B sekitar 25 Km.
  • Harga beras cap lele Rp. 9.700 per kilonya.
  1. Yang mendapat nilai 5 sebanyak 5 siswa, sedangkan nilai yang paling banyak diperoleh adalah nilai 7

0 Response to "Pendalaman Materi : Pengumpulan Data Matematika Dasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2