Soal PAT / UAS Tematik Tema 7 Kelas 2 SD MI Semester 2 Plus Kunci Jawaban Terbaru
Sahabat gemarsoal.blogspot.com disini tempat download soal terbaru dan kunci jawabannya, kami menyajikan soal PTS / UTS / UAS / PAT SD/MI dengan kurikulum 2013 / K13 dan dapat digunakan untuk mengukur pencapaian peserta atau persiapan menghadapi ulangan di SD maupun MI. Untuk mendownload soal plus kunci jawaban link ada di bawah sendiri.
PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2 / GENAP (PAS/PAT/UAS)
TEMA 7 KELAS 2 SD/MI
www.gemarsoal.blogspot.com
Nama : ……………………
Kelas/ Semester : 2/ II Genap
Mata Pelajaran : Tema 7
- Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling benar!
PPKn (KD.3.3)
- Perhatikan gambar berikut!
Jenis keragaman di atas berdasarkan ... .
- tugas anggota keluarga
- usia dan pekerjaan
- jenis kelamin
- Fatimah shalat Dhuhur di masjid.
Joshua beribadah di gereja.
Mei-Mei rajin ke kelenteng.
Pengelompokan di atas berdasarkan ... .
- agama
- tempat ibadah
- nama anak
- Hasan berasal dari Jawa
Siti berasal dari Sumatera
Ali berasal dari Kalimantan
Pengelompokan di atas berdasarkan .... .
- Nama anak
- daerah asal
- bahasa daerah
Perhatikan tabel berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
- Pengelompokan data di atas berdasarkan ... .
- nama buah
- jumlah anak
- buah kesukaan
- Jumlah anak yang senang makan apel, yaitu ... .
- 5 anak
- 8 anak
- 12 anak
Perhatikan tabel berikut untuk menjawab soal nomor 6 – 8!
- Tabel di samping dikelompokkan berdasarkan ... .
- asal suku
- nama anak
- jumlah anak
- Anak yang berasal dari suku Sunda adalah ... .
- Agus dan Siti
- Dayu dan Agus
- Siti dan Ayu
- Anak yang berasal dari Suku Jawa adalah ... .
- Siti dan Ayu
- Agus dan Dayu
- Ayu dan Dayu
- Pada waktu kegiatan ekstrakurkuler, Hasan bermain Bulu Tangkis sedangkan Ali bermain tenis meja. Pengelompokan tersebut berdasarkan ... .
- nama olahraga
- olahraga kesukaan
- makanan kesukaan
- Pada waktu liburan, Fara senang ke Borobudur, Ziyan senang ke Kebon Binatang, dan Zahra senang ke Pantai. Fara, Ziyan, dan Zahra berbeda dalam hal ... .
- tempat liburan
- tempat bermain
- tempat ibadah
Bahasa Indonesia
KD. 3.8
- Cerita yang isinya menceritakan tentang kehidupan binatang disebut dengan ... .
- novel
- koran
- fabel
Perhatikan percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 12 – 16!
Ular : “Dengarkan ucapanku, wahai Tikus yang angkuh!
Aku pasti akan mendapatkan tubuhmu yang mungil dan lezat itu!”
Tikus : “Hei, Ular. Berusaha dan bekerjalah.
Jangan hanya berani mengancam. Kalau hanya mengancam,
seekor semut pun bisa!”
Sang Ular sangat marah mendengar ejekan Tikus. Ia lalu kembali ke sarangnya dengan perut yang lapar.
- Judul yang tepat untuk cerita di atas adalah ... .
- Ular Sang Pemangsa
- Tikus yang Cerdik
- Ular dan Tikus
- Hewan yang ada pada cerita adalah ... .
- ular dan tikus
- tikus dan buaya
- ular dan elang
- Sifat yang dimiliki oleh ular, yaitu ... .
- pendiam
- pemarah
- pemaaf
- sifat yang dimiliki oleh tikus, yaitu ... .
- cerdik
- tamak
- pemarah
- Berikut yang akan dilakukan oleh ular, kecuali ... .
- Berenang mencari ikan
- memakan tikus
- mencari teman
KD. 3.9.
- “Selamat pagi, Pak Tani yang baik,” sapa Kiki ramah.
Kata sapaan di atas adalah ... .
- Sapa Kiki ramah
- Pak tani yang baik
- Selamat pagi
- Berikut ini yang termasuk contoh kalimat sapaan adalah ... .
- “Bagaimana kabarmu, Elang yang gagah”
- “Di mana rumahmu Elang?”
- “Kamu memang Elang yang baik hati”
- Kisah Sura dan Buaya sering dikaitkan dengan asal usul dari kota ... .
- Bandung
- Surabaya
- Semarang
- Sura : “Untuk mencegah perkelahian diantara ... ,
sebaiknya kita membagi daerah kekuasaan menjadi dua.”
Buaya : “Baik, aku setuju dengan gagasanmu itu!”
Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ... .
- aku
- kamu
- kita
Matematika (KD. 3.7)
- Ibu membeli sebuah melon.
Semangka tersebut dibelah menjadi empat bagian sama besar.
Setiap bagian disebut ... .
- satu per dua
- satu per tiga
- satu per empat
- Pecahan sepertiga ditunjukkan oleh simbol ... .
- Bangun warna abu-abu sebagai pecahan 1/4 adalah ... .
- Bagian pecahan 1/3 yang salah adalah ... .
- Kelompok yang menunjukkan banyak siswa perempuan sesuai nilai pecahan 1/3 adalah ... .
Seekor belalang dari kumpulan belalang di samping dapat dinyatakan dengan pecahan ... .
Ibu mempunyai roti seperti gambar.
Ibu memotong roti menjadi setengah bagian sama besar.
Gambar bagian roti dengan besar pecahan bagian adalah ... .
- Bibi membeli apel sebanyak di bawah ini.
Sepertiga bagian diberikan kepada nenek.
Maka nenek mendapat ... buah apel.
- 12
- 6
- 4
- Hasan memiliki 20 Kelereng
Setengah bagian dari kelerengnya diberikan kepada Ali .
Ali mendapat ... kelereng.
- 5
- 10
- 15
- Perhatikan gambar berikut!
Pecahan 1/4 ditunjukkan pada gambar ... .
- 1 dan 2
- 1 dan 3
- 2 dan 3
PJOK (KD. 3.7)
Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 31 dan 32!
- Nama kegiatan pada gambar di samping adalah ... .
- berenang
- berjalan di air
- bernapas di dalam air
- Kegiatan pada gambar di atas dilakukan di kolam yang ... .
- dangkal
- sedang
- dalam
Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
- Nama kegiatan pada gambar, yaitu ... .
- renang gaya bebas
- berjalan di air
- permainan push ball
- Alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan pada gambar adalah ... .
- papan kayu
- bola plastik
- gabus
Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!
- Alat yang digunakan pada gambar di samping adalah ... .
- pipa
- selang air
- bambu
- Nama permainan pada gambar di atas adalah ... .
- Menara Tinggi
- Pipa Sumur
- Tiang Listrik
- Kegiatan yang dilakukan sebelum berolahraga adalah ... .
- pemanasan
- pendinginan
- kegiatan inti
- Tujuan dari kegiatan pemanasan, yaitu agar terhindar dari ... .
- ejekan teman
- cidera
- tugas guru
- Kegiatan pengenalan air dilakukan pada kolam renang yang ... .
- dalam
- sedang
- dangkal
- Pakaian yang dikenakan ketika melakukan permainan di dalam air, sebaiknya menggunakan pakaian ... .
- seragam
- renang
- adat
SBDP (KD. 3.1)
- Gambar hasil dari pengamatan disebut ... .
- gambar imajinasi
- gambar karikatur
- gambar komik
- Alat yang digunakan untuk mewarnai hasil gambar adalah ... .
- penghapus
- krayon
- pensil
KD. 3.2
- Perhatikan gambar berikut!
Bunyi yang dihasilkan, yaitu ... .
- prok
- duk
- cik
- Perhatikan gambar berikut!
Bunyi yang dihasilkan, yaitu ... .
- cik
- duk
- prok
- Perhatikan gambar berikut!
Bunyi yang paling kuat ditunjukkan oleh nomor ... .
- 1
- 2
- 3
KD. 3.3.
- Perhatikan gambar berikut!
Nama tarian yang ada pada gambar adalah ... .
- Tari Kijang
- Tari Merak
- Tari Kupu-kupu
- Melompat ke kanan dan ke kiri.
Badan membungkuk.
Tangan lurus dan jari membuka.
Gambar yang sesuai gerakan di atas adalah ... .
KD. 3.4.
- Perhatikan gambar berikut!
Prakarya di samping adalah patung ... .
- ular
- buaya
- ikan hiu
- Agar tanah liat tidak lengket maka kita lumuri ... .
- air
- minyak goreng
- cat warna
- Perhatikan gambar berikut!
Nama maket yang dibuat adalah ... .
- peternakan kambing
- kandang sapi
- kebun binatang
- Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
PPKn (KD.3.3)
- Pada waktu istirahat siswa kelas 2 ada yang bermain tali,
ada yang bermain sunda manda, dan ada juga yang bermain sepak bola.
Siswa kelas 2 berbeda-beda dalam hal ... .
Bahasa Indonesia
KD. 3.8
- Perhatikan gambar berikut!
Judul cerita yang tepat berdasar gambar adalah ... .
KD. 3.9.
- Belalang : “Hai, semut!”
Semut : “Ada apa?”
Belalang : “Mari kita bernyanyi bersama.”
Kata sapaan yang ada pada percakapan di atas adalah ... .
- “Kamu mau kemana, Pipit?” tanya Elang.
“Aku mau ke rumah Jalak yang bijak”, jawab Pipit.
Kalimat sapaan di atas diucapkan oleh ... .
Matematika (KD. 3.7)
- Ibu menghidangkan kue puding untuk teman-temannya Fatimah.
Jika kue puding dibagi sama besar untuk Fatimah dan tiga temannya
maka besar setiap puding adalah ... .
PJOK (KD. 3.7)
- Perhatikan gambar berikut!
Tujuan kegiatan pada gambar, yaitu untuk melemaskan ... .
SBDP (KD. 3.2)
- Perhatikan gambar berikut!
Benda di samping jika dipikul berbunyi ... .
KD. 3.3.
- Perhatikan gambar berikut!
Posisi tangan berada di depan ... .
KD. 3.1.
- Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas disebut dengan sketsa suasana di ... .
KD. 3.4.
- Agar kreasi dari tanah liat menjadi mudah dibentuk, maka perlu ditambah sedikit ... .
KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
MATA PELAJARAN TEMATIK TEMA 7 KELAS 2 (DUA)
A. Pilihan Ganda
PPKn (KD.3.3)
1. a
2. a
3. b
4. c
5. c
6. a
7. b
8. a
9. b
10. a
Bhs. Indo
KD. 3.8
11. c
12. b
13. a
14. b
15. a
16. b
KD. 3.9.
17. c
18. a
19. b
20. c
MTK (KD. 3.7)
21. c
22. b
23. c
24. c
25. b
26. a
27. c
28. c
29. b
30. b
PJOK (KD. 3.7)
31. b
32. a
33. c
34. b
35. a
36. b
37. a
38. b
39. c
40. b
SBDP (KD. 3.1)
41. a
42. b
KD. 3.2
43. b
44. c
45. c
KD. 3.3.
46. a
47. b
KD. 3.4.
48. b
49. a
50. c
B. Isian Singkat
PPKn (KD.3.3)
51. permainan kesukaan
Bahasa Indonesia
KD. 3.8
52. Kura-Kura dan Kelinci
KD. 3.9.
53. “Hai, semut!”
54. Elang
Matematika (KD. 3.7)
55. seperempat (¼)
PJOK (KD. 3.7)
56. otot
SBDP (KD. 3.2)
57. tok-tok-tok / tong-tong-tong
KD. 3.3.
58. dada
KD. 3.1.
59. sekolah / madrasah
KD. 3.4.
60. air
Klik disini untuk mendownload soal plus kunci jawaban
Sahabat gemarsoal.blogspot.com demikianlah soal latihan untuk persiapan atau referensi dalam menghadapi ulangan semester di sekolah, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat. Apabila terdapat kunci jawaban yang salah atau tidak sesuai mohon maaf, manusia tidak lepas dari lupa dan salah. Semoga siswa-siswi kita selalu diberi kesehatan dan kecerdasan serta ilmu yang bermanfaat.
0 Response to "Soal PAT / UAS Tematik Tema 7 Kelas 2 SD MI Semester 2 Plus Kunci Jawaban Terbaru"
Post a Comment